Sabtu, 20 April 2013

RPP berkarakter SMK Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan


RPP SMK : Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan

Nama Sekolah                         : SMK  Negeri 1 Jombang
Mata Pelajaran                        : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester                        : XI APK / 1 (Ganjil)
Jumlah Pertemuan                   : 2 kali pertemuan

I.         Standar Kompetensi      :
Mengelola Sistem Kearsipan

II.      Kompetensi Dasar          :
Menentukan Sistem Kearsipan

III.   Indikator                         :          
A.    Kognitif
1.      Produk
a.       Menjelaskan pengertian arsip.
b.      Menyebutkan 5 jenis arsip.
c.       Menyebutkan fungsi dan nilai guna arsip.
d.      Menjelaskan tujuan kearsipan.
e.       Menjelaskan 3 asas pengelolaan kearsipan, termasuk kelebihan dan kekurangannya.
f.       Menyebutkan dan menjelaskan istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem penyimpanan arsip.

2.      Proses
a.       Membuat bagan tentang daftar indeks, klasifikasi arsip, dan teknik penyimpanan arsip.
b.      Mempraktikan proses pengarsipan dengan baik dan benar.

B.     Psikomotor
a.       Menyiapkan alat dan bahan untuk dipergunakan mengelola arsip, meng-klasifikasikan arsip, dan teknik peminjaman arsip.
b.      Terampil dalam mengelola arsip.

C.    Afektif
1.      Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi :
a.       Kecermatan
b.      Ketelitian
c.       Tanggung jawab
d.      Tanggap terhadap pekerjaan
e.       Cekatan
f.       Jujur

2.      Mengembangkan ketrampilan sosial, meliputi :
a.       Bertanya
b.      Berpendapat
c.       Tenggang rasa
d.      Berkomunikasi

IV.   Tujuan Pembelajaran  
A.    Kognitif
1.      Produk
a.       Diberikan data-data pengertian arsip, siswa dapat mendefinisikan pengertian kearsipan sesuai yang tercantum pada Kunci LP 1 Produk.
b.      Diberikan data-data siswa dapat mengidentifikasi tujuan pengarsipan dan sistem penyimpanan arsip dengan mengerjakan LP Produk dengan jawaban sesuai Kunci LP 1 Produk.
c.       Diberi contoh-contoh arsip dengan mengerjakan soal-soal pada LP Produk sesuai kunci LP 1 Produk .

2.      Proses
a.       Diberikan bahan bacaan dan LKS SMK ini siswa dapat membuat bagan atau skema tentang daftar indeks, klasifikasi jenis arsip, dan teknik penyimpanan arsip.
b.      Diberi alat dan bahan dan LKS SMK ini siswa dapat mempraktikan kegiatan proses pengarsipan dengan baik dan benar.
B.     Psikomotor
a.       Menyiapkan alat dan bahan untuk dipergunakan menyimpanan arsip, meng-klasifikasikan arsip, dan teknik peminjaman arsip.
b.      Terampil dalam mengelola arsip.

C.    Afektif
1.      Ketrampilan berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa di-nilai pengamat, Membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi : Kecermatan, ketelitian, tanggung jawab, kerapian, tanggap terhadap pe-kerjaan, cekatan, jujur, diamati dengan LP 4 Format Pengamatan Perilaku ber-karakter.

2.      Ketrampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat, Membuat kemajuan dalam menunjukkan ketrampilan sosial me-liputi : Bertanya, berpendapat, tenggang rasa, berkomunikasi, diamati dengan LP5 Format Pengamatan Ketrampilan Sosial.

V.      Materi Pokok Pembelajaran
·         Pengertian arsip.
·         Jenis-jenis arsip.
·         Fungsi dan nilai guna arsip.
·         Tujuan kearsipan.
·         Asas pengelolaan kearsipan.
·         Pemilihan pengelolan asas yang sesuai.
·         Sistem penyimpanan arsip.

VI.   Alokasi Waktu    : 4 x 45 menit

VII.Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan:
1.      Pendekatan personal
2.      Pendekatan informasi
Metode:
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Demonstrasi
Model/Teknik:
1.      Model Pembelajaran Langsung (MPL)

VIII.       Langkah-Langkah Proses Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan (± 15 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Mengucapkan salam dan menyampaikan perkenalan awal, serta mengecek kehadiran siswa. (fase 1 MPL)




2.
Memperkenalkan mata pelajaran mengelola sistem kearsipan dan menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar serta tujuan yang hendak dicapai dari pembelajaran. (fase 1 MPL)




3.
Memotivasi siswa untuk memahami pengertian kearsipan dan mendorong siswa untuk membaca buku pelajaran tentang materi yang bersangkutan. (fase 1 MPL)





Inti (± 70 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Membimbing siswa untuk mendeskripsikan pengertian arsip dengan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu memberikan penegasan dengan pengertian arsip dari pendapat para ahli. (fase 2 MPL)




2.
Membimbing siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis arsip. Meminta kesediaan siswa menjelaskan tujuan-tujuan dari pengarsipan yang mereka ketahui. Memberikan penjelasan fungsi dan nilai guna arsip. (fase 3 MPL)




3.
Mengecek pemahaman dan memberi umpan balik serta memberi kesempatan berlatih bertanya, dan berpendapat dengan meminta beberapa siswa untuk memberikan contoh dari jenis-jenis arsip yang telah dijelaskan. Dorong seluruh siswa untuk bekerja sama, saling membantu, bertanya, dan berpendapat. (fase 4 MPL)




4.
Mempersiapkan latihan lanjutan dengan penerapan pada kehidupan sehari-hari tentang materi penyimpanan arsip. (fase 5 MPL)





Penutup (± 5 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Guru memberikan kesimpulan atas materi pengertian arsip, nilai guna arsip, dan tujuan kearsipan.




2.
Guru meminta siswa untuk menganalisis pengertian nilai guna arsip dengan singkatan ALFRED dan memberikan contohnya.





Pertemuan II
Pendahuluan (± 15 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Mengucapkan salam serta mengecek kehadiran siswa. Menanyakan kepada siswa  apakah ada kesulitan dalam mengerjakan tugas serta membahas sekilas. (fase 1 MPL)




2.
Mengkondisikan siswa untuk menerima materi selanjutnya mengenai sistem kearsipan menggunakan filling sistem serta menyampaikan tujuan pembelajaran. (fase 1 MPL)





Inti (± 70 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Membimbing siswa untuk menjelaskan 3 asas pengelolaan kearsipan dengan contoh kehidupan sehari-hari. Setelah itu memberikan penegasan dengan memberi kelebihan dan kekurangan dari asas pengelolaan kearsipan. (fase 2 MPL)




2.
Membimbing siswa untuk memahami istilah-istilah dalam pelaksanaan sistem penyimpanan arsip. Meminta siswa untuk mengklasifikasikan arsip dan mempraktikan prosedur penyimpanan arsip. (fase 3 MPL)




3.
Mengecek pemahaman dan memberi umpan balik serta memberi kesempatan berlatih bertanya, dan berpendapat dengan meminta beberapa siswa untuk menyebutkan sistem penyimpanan arsip yang telah dijelaskan. Dorong seluruh siswa untuk bekerja sama, saling membantu, bertanya, dan berpendapat (fase 4 MPL)




4.
Mempersiapkan latihan lanjutan dengan penerapan pada kehidupan sehari-hari tentang materi penyimpanan arsip. (fase 5 MPL)





Penutup (± 5 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Guru memberikan kesimpulan atas materi asas pengelolaan arsip dan sistem penyimpanan arsip.




2.
Guru meminta siswa untuk menganalisis arsip yang telah diberikan menggunakan metode penyimpanan sistem wilayah.





Keterangan            :
1 = Sangat Baik                                        3 = Cukup Baik
2 = Baik                                                    4 = Memerlukan Perbaikan

IX.   Penilaian Hasil Belajar
1.      LP 1   : Produk dilengkapi Kunci LP 1
2.      LP 2   : Produk dilengkapi Kunci LP 2
3.      LP 3A            : Psikomotor
4.      LP 3B : Psikomotor
5.      LP 4   : Format ppengamatan perilaku berkarakter
6.      LP 5   : Format pengamatan ketrampilan sosial
7.      Tabel spesifikasi lembar penilaian

X.      Alat atau Sumber Belajar
1.      Alat                : 1. Papan tulis
                         2. Karton
                         3. Alat tulis kantor
                         4. Format kartu indeks
                         5. Format lembar pinjam arsip
2.   Sumber          : 1. Modul SMK Administrasi Perkantoran Untuk Kelas XI oleh  Dra.
      Aan Hariyanah, dkk
  2. Materi dari slide powerpoint oleh Tim Pembina Kearsipan Unesa
                                  



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar